CFHC-IPE | FK-KMK. Community and Family Health Care with Interprofessional Education (CFHC-IPE) sampai saat ini telah melakukan banyak evaluasi guna meningkatkan pembelajaran yang berkualitas. Akan tetapi, perbaikan dan manajemen evaluasi ini perlu dioptimalisasi dengan lebih terarah. Oleh karenanya, CFHC-IPE menyelenggarakan Workshop Sistem Evaluasi dan Open Data Kit (ODK) CFHC-IPE pada hari Rabu, 16 November 2022 di Ruang Studio DPK, Lantai 6, Gedung Radioputero, Fakultas Kedokteran, Kesehatan Masyarakat, dan Keperawatan UGM. Workshop ini dihadiri oleh Tim CFHC-IPE yang terdiri dari manajerial, tenaga kependidikan, sekretariat, tim IT CFHC-IPE, dan CARENUSA dengan narasumber dr. Prattama Santoso Utomo, MHPEd. dan dr. Rachmadya Nur Hidayah, M.Sc., Ph.D.
Acara dibuka oleh Ketua I CFHC-IPE yaitu dr. Widyandana, MHPE, PhD, SpM(K) sekaligus memberikan arahan terkait gambaran kegiatan workshop. Pada workshop ini dilakukan pemaparan instrumen survei dan monitoring evaluasi yang diwakili oleh KORTA I. Pada pemaparan ini, Leo Andrea Avellini S.S.S selaku tim sekretariat CFHC-IPE menjelaskan bahwa survei evaluasi pada mahasiswa tahun angkatan 2022 sudah berjalan. Survei evaluasi pada tahun ini memiliki pertanyaan yang berkaitan dengan pembelajaran, kerjasama tim, serta kendala yang dialami. Evaluasi yang selama ini sudah dilakukan juga memperhatikan situasi pembelajaran termasuk di antaranya adalah keadaan pandemi Covid-19 yang membawa perbedaan hasil survei. Selain itu, CFHC-IPE juga melakukan rekapitulasi penilaian mahasiswa dari kehadiran dan penugasan yang telah dilakukan. Selanjutnya, survei juga dilakukan dengan sasaran keluarga mitra, Dosen Pembimbing Lapangan (DPL), Instruktur Lapangan (IL). Survei dan penilaian yang berjalan selama ini telah terekam secara digital melalui webapps CFHC-IPE, Gamel, dan aplikasi pendukung lainnya. Akan tetapi, rekapitulasi masih dilakukan secara sederhana. Hal ini menggugah kebutuhan rekapitulasi yang lebih kompleks dan cepat. Workshop dilanjutkan dengan adanya pemaparan sistematika penilaian yang disampaikan oleh Arum Rahayu, S.Si selaku tenaga kependidikan CFHC-IPE. Pada pemaparan ini, beliau menyampaikan terkait komponen penilaian mahasiswa yang berjalan dan memiliki komponen dan masing-masing dengan rubrik penilaian berbeda yang menentukan nilai akhir mahasiswa.
Dok. Penyampaian Blueprint Assessment CFHC-IPE oleh Tim Sekretariat
Setelah mendapatkan penjelasan yang disampaikan tim sekretariat dan tenaga kependidikan, dr. Rachmadya Nur Hidayah, M.Sc., Ph.D. menyampaikan beberapa tanggapan. dr. Rachma memberikan saran dan masukan bahwa dalam penilaian dan evaluasi kegiatan mahasiswa sebaiknya diperlukan satu wadah tersendiri. Wadah tersebut dapat dikembangkan sedemikian rupa agar mahasiswa juga dapat mengetahui perkembangan dirinya terhadap pencapaian yang ada di setiap semesternya. Hal ini dikarenakan program CFHC-IPE dilaksanakan secara longitudinal. Wadah ini dapat dikembangkan dengan teknologi berbasis IT dan diakses semua pihak yang dalam program CFHC-IPE. Adanya wadah ini tentu membutuhkan kerjasama dari DSSDI UGM dan tim IT yang dibantu oleh CARENUSA.
Pada workshop ini, dr. Tama juga memaparkan Program Evaluation for Health Professions Education yang memperjelas arah evaluasi yang diharapkan dicapai CFHC-IPE. Beliau memaparkan evaluasi pada pendidikan profesi kesehatan menyangkut berbagai sumber data yang didasarkan pada teori Kirkpatrick dan dapat disamakan setiap tahunnya. Dari pemaparan yang disampaikan dr. Tama, peserta workshop memberikan tanggapan dan harapan evaluasi CFHC-IPE ke depannya. Dengan adanya workshop ini diharapkan sistem evaluasi CFHC-IPE lebih komprehensif dan terdigitalisasi dengan baik (Tyas/CFHC).